Tips Fotografi Produk Untuk Toko Online

No Comments

Bagi seorang pemilik toko online di situs E-Commerce atau pribadi, maka tampilan foto produk haruslah sesuai dengan standar, agar produk yang dilihat calon pembeli lebih jelas dan sesuai dengan produk aslinya. Maka dari itu saat melakukan foto produk sebaiknya dengan cahaya yang cukup dan latar belakang yang minimalis atau tidak berlebihan.

Teknik dasar tersebut sebenarnya juga dilakukan oleh berbagai jasa fotografi produk pada umumnya. Pengambilan gambar juga harus terlihat jelas dan mudah di aplikasikan dalam ukuran yang diinginkan. Berikut ini berbagai tips fotografi produk untuk toko online yang bisa Anda tiru.

Kamera

Bila Anda hanya memiliki kamera smartphone, maka jangan berkecil hati. Karena sebenarnya untuk melakukan foto produk dengan smartphone saja sudah terbilang cukup. Karena hasil kamera smartphone sekarang ini sudah mumpuni standar foto produk.

Sebaiknya saat melakukan foto produk jangan menggunakan flash atau cahaya dari smartphone, karena cahaya tersebut malah akan membuat hasil foto produk menjadi tidak baik dikarenakan pantulan cahaya yang berlebihan pada produk yang difoto.

Cahaya

Cahaya yang baik untuk foto produk sebaiknya tergolong cahaya alami atau cahaya led dengan pantulan. Perhatikan pula titik jatuh bayangan produk jika pencahayaan datang dari satu sudut. Pastikan cahaya merata ke seluruh area produk agar saat difoto produk menjadi terlihat jelas dan tajam.

Untuk lebih mudahnya pergunakan cahaya matahari saja, karena cahaya matahari juga dapat diaplikasikan untuk membantu foto produk. Sediakan alas dan latar belakang dan tempatkan di teras rumah saat sedang foto produk. Pastikan juga sudut datang cahaya dan jangan membelakanginya.

Latar Belakang

Latar belakang pemotretan produk memang penting dijalankan agar hasil foto menjadi lebih fokus. Pilihlah warna-warna yang dapat membantu Anda membuat foto produk menjadi lebih baik. Warna yang umumnya digunakan adalah warna lembut atau warna putih.

Warna putih adalah salah satu pilihan terbaik saat sedang melakukan fotografi produk, karena warna putih mampu memberikan efek bersih dan menjadi mudah untuk dilakukan editing saat nanti diolah di software desain seperti adobe photoshop.

Editing

Editing atau melakukan modifikasi sebuah gambar penting juga dilakukan jika memang hasil foto masih kurang maksimal atau ada penambahan objek pada gambar produk tersebut. Biasanya saat proses editing gambar produk, Anda dapat juga meningkatkan cahaya dan kontras, serta memberikan sentuhan efek lainnya.

Saat editing Anda juga dapat mengatur ukuran gambar agar terlihat maksimal saat nanti dipergunakan. Contohnya saja ingin melakukan post ke Instagram, maka sesuaikan ukuran 1000px x 1000px agar saat nanti di post ukurannya simetris dan gambar lebih terlihat jelas.

Publikasi

Publikasi atau penggunaan gambar produk nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemilik toko online. Anda dapat menggunakan gambar produk untuk di publikasi ke website pribadi atau ke situs E-Commerce terkenal. Standar ukuran gambar 1:1 atau 500×500 px atau 1000x1000px agar gambar tampak maksimal.

Sebaiknya saat publikasi foto produk, diberikan watermark agar gambar menjadi memiliki copyright yang jelas saat dipergunakan kembali oleh pihak lainnya. Pemanfaatan yang dilakukan pihak lainnya dengan mengambil gambar yang telah Anda jalankan pasti nanti akan sangat mengganggu.

Dengan watermark yang jelas seperti penambahan logo, nama IG, atau kontak, maka yang sering mengambil gambar Anda menjadi pikir-pikir dua kali. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya penipuan yang mengatasnamakan toko Anda.

Ya sebenarnya untuk foto produk untuk toko online tidaklah begitu sulit jika semua perangkat telah tersedia, seperti kamera, tripod, latar belakang dan pencahayaan. Dengan menonton youtube Anda juga dapat melihat berbagai tips dan proses foto produk yang baik dan benar.

Di youtube ada banyak sekali tips untuk fotografi produk toko online. Namun setiap produk harus Anda pahami dahulu karena setiap produk memiliki sudut terbaik saat sedang difoto. Itulah tips fotografi produk untuk toko online yang bisa Anda tiru dan jalankan. Semoga tips diatas dapat membantu Anda mendapatkan teknik foto produk yang baik dan benar.

Categories: Bisnis

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *