Cegah Karatan, Jangan Biarkan Tangki Bensin Sepeda Motor Kosong

No Comments

Informasi Blog Motor Bermanfaat: Cegah Karatan, Jangan Biarkan Tangki Bensin Sepeda Motor Kosong. Banyak dari pemilik sepeda motor yang membiarkan tangki bensin kosong sebelum diisi kembali. Bahkan, tak jarang para pengguna motor roda dua yang lebih memilih untuk mengisi ulang bahan bakar saat indikator menunjukan huruf ‘E’, bahkan ada yang sampai mogok baru mengisi bensin.

Seperti yang dilansir Suzuki Indonesia, kebiasaan tersebut jelas sangat berbahaya karena tangki bensin yang dibiarkan kosong berisiko menyebabkan kondensasi dan timbulnya air dalam tangki. Kasus tersebut, memang sering terjadi untuk motor sport, namun dapat juga terjadi di motor jenis lainnya. Hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus, karena dapat juga menyebabkan tangki bensin berkarat.

Masalahnya, setelah tangki bensin diserang karat maka untuk membersihkannya tergolong sangat sulit. Bahkan, karat tergolong sangat mudah mengendap di dalam bensin, dan akhirnya serpihan karat masuk ke fuel pump alias pompa bensin.

Dengan begitu, menyebabkan proses pembakaran bahan bakar akan terhambat, dan akibatnya usia pakai busi menjadi lebih pendek. Paling buruknya, serpihan karat akan menghalangi prises pembakaran dan menyebabkan motor sering mogok.

Bagaimana solusinya?

Dari berbagai artikel dari blog motor, solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah, jangan pernah membiarkan tangki bensin kosong dalam waktu yang lama. Setelah indikator bensin sudah menunjukkan angka 50 persen maka sebaiknya segera lakukan pengisian ulang bensin untuk menjaga tangki bensin tetap penuh. Selain untuk menjaga kondisi tangki agar tidak berkarang, hal ini juga untuk menghindar motor mengalami mogok di jalan.

Namun, jika tangki bensin motor kamu sudah terlanjur berkarat, solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengurasan secara total. Agar tangki dapat diperbaiki untuk menghilangkan karat yang sudah terlanjur menempel.

Proses pengurasan ini biasanya akan memakan waktu cukup lama, sehingga sangat disarankan dilakukan oleh pihak bengkel profesional agar hasilnya maksimal.

Jika kondisi karat dalam tangki sudah sangat parah, maka mau tidak mau jalan terkahiryang harus dilakukan adalah pembelahan tangki. Kemudian karat tersebut dibersihkan dengan cara manual dengan menggunakan sikat kawat. Nah, setelah bersih kemudian baru dilakukan upaya penyambungan kembali tangki bensin.

Dalam beberapa artikel yang dimuat di blog motor, kebiasaan buruk ini biasanya terjadi karena sebagian irang jarang memperhatikan jarum penunjuk bensin, atau karena malas mengantri ketika mengisi bensin di SPBU. Padahal, alasan sepele itu justru akan membuat kamu menjadi lebih repot karena harus memperbaiki tangki bensin yang berkarat.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, ada baiknya harus selalu mengecek keadaan motor Anda. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda juga harus sering membaca berbagai info tentang motor dan semua yang berhungan dengan motor. Kunjungi blog motor terpercaya untuk membaca artikel tentang motor secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *